Transfer Pemain di Liga Inggris Hampir Rp 7,5 Triliun

Share on :

Transfer Pemain di Liga Inggris Hampir Rp 7,5 Triliun, Ongkos untuk transfer pemain di klub-klub Liga Inggris, musim panas ini, hampir menembus 500 juta poundsterling atau sekitar Rp 7,5 triliun.
Data yang dikeluarkan bagian bisnis olahraga "Deloitte" menyebutkan, jumlah total dana yang dikeluarkan klub-klub itu untuk berbelanja pemain dalam bursa transfer musim panas ini adalah 490 juta poundstering (Rp 7,4 triliun). Angka ini hanya kalah dari rekor dana transfer pemain mereka pada 2008, yakni 500 juta poundsterling, dan masih sedikit lebih besar dibandingkan biaya transfer musim panas 2011 (485 juta poundsterling).
Sejumlah transfer utama musim panas ini meliputi kepindahan striker Robin van Persie dari Arsenal ke Manchester United (24 juta poundsterling) dan juga pembelian Eden Hazard oleh Chelsea (32 juta poundsterling).
Menurut "Deloitte", lebih dari seperlima biaya transfer tersebut berasal dari transaksi pada hari terakhir, Jumat (31/08/2012), yakni 110 juta poundsterling (Rp 1,6 triliun) atau lebih besar dari nilai transfer hari terakhir musim panas tahun lalu (100 juta poundsterling).
Transfer pemain pada hari terakhir itu, antara lain, pembelian Manchester City atas gelandang Javi Garcia (16 juta poundsterling) dari Benfica, juga rekrutmen Southampton atas pemain sayap Gaston Ramirez (diperkirakan 12 juta poundsterling), serta sukses Tottenham Hotspur mendatangkan kiper Perancis Hugo Lloris (11,8 juta poundsterling).
Lima klub besar, yakni Chelsea, Tottenham, Manchester City, Manchester United, dan Arsenal, masing-masing menggelontorkan dana lebih dari 30 juta poundsterling (Rp 453,6 miliar).
Klub baru promosi, Southampton, yang kembali ke panggung Liga Inggris hanya setelah tiga tahun masuk administrasi, diperkirakan hanya kurang sedikit dari 30 juta poundsterling untuk berbelanja pemain.
Dari jumlah total biaya transfer 490 juta poundsterling itu, 300 juta poundsterling (Rp 4,5 triliun) di antaranya menguap ke klub-klub luar Inggris. Sedang 50 juta poundsterling (Rp 756 miliar) di antaranya masuk ke kas klub-klub Football League.